Jumat, 14 Maret 2014

Manfaat Ramuan Buah Mengkudu

Manfaat Ramuan Buah Mengkudu 

Manfaat Ramuan Buah Mengkudu

Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa), Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi. Buah mengkudu yang masih mentah biasanya digunakan untuk campuran rujak. Sementaranya buah yang masak digunakan untuk pengobatan.

Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal ini karena ada beberapa kandungan zat didalamnya, antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan contoh resep dan penggunaannya. 
  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh atau Imunitas : Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur tidak berlebihan dapat bermanfaat bagi daya tahan tubuh karena zat yang terkandung di dalamnya mampu memperbanyak produksi sel T yang berguna untuk melawan penyakit pada tubuh.
  2. Cepat Meredakan Rasa Sakit : Selain mengandung xeronin yang berguna untuk penderita diabetes, mengkudu pun mengandung zat analgecic yang mampu meredakan rasa sakit seperti halnya obat-obatan kimiawi yang di berikan pleh dokter, namun perbedaannya mengkudu tidak ada efek samping apapun pada tubuh.
  3. Manfaat Ramuan Buah Mengkudu Sebagai Anti Bakteri : Bukan hanya daun dan buahnya saja yang dapat di manfaat sebagai obat herbal, namun akar pada pohon mengkudu juga dapat di manfaatkan yakni sebagai anti bakteri, ini karena akar mengkudu mengandung antraquinon, senyawa ini mampu melenyapkan bakteri shigella dan staphylococcus yang dapat menyebabkan penyakit disentri dan infeksi pada jantung.
  4. Mampu Menetralisir Tekanan Darah : Pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengkudu dapat menjadi solusi alternatif sebagai obat herbal untuk menurunkan frekuensi tekanan darah tinggi.
  5. Mampu Mengatasi Maag : Manfaat mengkudu dapat mengatasi maag, hal ini di sebabkan oleh sari-sari buah mengkudu yang berfungsi untuk menurunkan jumlah asam lambung dan meningkatkan lender untuk melindungi asam lambung.
  6. Mampu Mengatasi Diabetes : Pada dasarnya mengkudu mengandung anti oksidan yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara Mengolah Ramuan Mengkudu Untuk Menjadi Obat Herbal Diabetes

Obat Herbal Diabetes
Untuk membuat ramuan yang bersumber dari buah mengkudu caranya sangat mudah, ambil mengkudu secukupnya terutama yang masih muda. Cuci bersih, kemudian potong kecil-kecil setelah itu blender secukupnya. Saring, kemudian ambil airnya,minum deh. Anda bisa menambahkan es atau madu, agar rasanya enak di mulut.
Dari segi khasiat dan manfaat buah mengkudu memang banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi perlu di perhatikan bahwasanya tidak semua orang boleh mengkonsumsi buah mengkudu, baik dalam bentuk kapsul ataupun jus, seperti bagi penderita ginjal dan bagi yang diet kalium. Karena bagi penderita penyakit ginjal dan yang sedang diet kalium, mengkudu sendiri mempunyai kandungan kalium yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan penyakit ginjal bertambah parah.
Tambahan : Beberapa helai daun mengkudu dicuci, lalu direbus sampai matang. Daun ini dimakan sebagai lalap.
Semoga Postingan Dari Saya Salam Sehat Dari admin inforamuanherbal.blogspot.com
Sumber : http://inforamuanherbal.blogspot.com/2014/03/manfaat-ramuan-buah-mengkudu.html

3 komentar

Posts a comment

 
© Info Ramuan Herbal
Suport By Sarupaning Info
Back to top